12 July 2017

Ini dia! 10 novel best seller dunia

Novel adalah salah satu jenis hiburan tertua di dunia. Novel menggambarkan banyak hal dan peristiwa yang terjadi di masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Teknik penulisan novel pun berkembang mengikuti jaman. Dahulu, novel dicetak dalam edisi terbatas karena keterbatasan dalam teknologi percetakan, novel juga masih ditulis tangan hingga ditemukannya mesin ketik hingga beralih ke era komputer kemudian merambah penggunaan laptop, netbook dan sebagainya.

Dari sekian banyak novel, ada beberapa novel yang menorehkan sejarah dan menjadi novel fenomenal dan bestseller sepanjang masa dan mengalami cetak ulang bahkan hingga hari ini. Dirilis dari New York Times' Best Sellers, berikut 10 novel terlaris sepanjang masa :
 
      1.      Harry Potter the Series
Novel yang ditulis oleh J.K Rowling ini bercerita tentang petualangan seorang penyihir yatim piatu, Harry Potter dan teman – temannya menghadapi Pangeran Kegelapan Lord Voldemort. Total penjualan lebih dari 450 juta kopi di seluruh dunia.

        2.      A Tale of Two Cities
 Bercerita tentang kehidupan Dokter Manette yang akhirnya bisa bertemu kembali dengan putrinya di Inggris setelah delapan belas tahun menyandang status sebagai tahanan politik di penjara Bastille, novel karya Charles Dickens ini tidak hanya memadukan drama, romansa namun juga berbalut intrik dan persaingan dalam memperebutkan cinta putri Dokter Manette. Terjual 200 juta kopi di seluruh dunia.

      3.      Trilogi The Lord Of The Rings
Dengan penjualan mencapai 150 juta kopi di seluruh dunia, trilogi karya J.R.R. Tolkien ini berkisah tentang petulangan penyihir Gandalf dan seorang hobbit muda bernama Frodo Baggins dalam sebuah perjalanan sangat berbahaya untuk menghancurkan sebuah cincin  misterius dan diterbitkan pertama kali di tahun 1954.

      4.      Le Petit Prince
Membukukan penjualan sebanyak 100 juta kopi, bercerita tentang seorang anak kecil yang meninggalkan planet kecilnya yang aman, sendirian untuk menempuh perjalanan menjalajahi alam semesta. Novel ini paling banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dari bahasa Perancis dan merupakan karya penulis berkebangsaan Perancis Antoine de Sant-Exupery.

      5.      The Hobbit
Novel yang merupakan pendahulu trilogi The Lord Of The Rings dan ditulis oleh penulis yang sama ini bercerita tentang paman dari Frodo Baggins yaitu Bilbo Baggins yang bergabung dengan penyihir Gandalf dan 13 kurcaci dalam usaha merebut harta curian yang dijaga oleh seekor naga yang paling ditakuti di seluruh alam semesta. The Times of London menyebut karya ini sebagai literature yang paling mendekati kesempurnaan. Terjual 100 juta kopi di seluruh dunia.

      6.      Dream of the Red Chamber
Terjual 100 juta kopi, novel china yang ditulis oleh Cao Xueqin ini dirilis pada abad ke – 18 dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Selama setengah abad, novel ini diakui sebagai salah satu karya sastra Cina terbesar, berkisah tentang cerita Romeo-Juliet ala Cina yang mampu menggambarkan salah satu peradaban terbesar dunia. 

      7.      And Then There Were None
Juga terjual sebanyak 100 juta kopi. Novel karya Agatha Christie ini berkisah tentang sepuluh orang yang diundang ke rumah kesepian di Pulau Negro oleh tuan rumah yang misterius. Dengan cara yang misterius, satu per satu dari tamu undangan tersebut mati, sesuai dengan lagu anak-anak yang berjudul  Ten Little Indian. Novel ini juga secara perlahan mengungkap masa lalu yang kelam dan rahasia yang berusaha disembunyikan oleh tiap-tiap tamu undangan.

      8.      The Lion, the Witch, and the Wardrobe
Terjual sebanyak 85 juta kopi. Novel yang Ditulis oleh C.S. Lewis ini bercerita tentang petualangan Peter, Susan, Edmund dan Lucy dalam dunia fiksi di balik lemari ajaib. Kisah klasik mengungkapkan berbagai hal fantastis dan menakjubkan, yang bisa membuat  pembaca dari segala usia merasa terpesona ketika membacanya.

      9.      She : A History of the Adventure
Terjual sebanyak 83 juta kopi. Novel ini berkisah tentang Aisyah, Ratu dari suku Afrika Tengah yang misterius dan konon memiliki kemampuan untuk hidup abadi. Ratu yang disebut dengan julukan "Dia-yang-harus-dipatuhi," oleh rakyatnya  adalah perwujudan dari sosok perempuan dari legenda yang sangat cantik.  Satu hal lagi, Sang Ratu bisa menjadi sosok yang lebih mematikan daripada laki-laki.  Novel She dianggap sebagai salah satu perintis novel bergenre Lost World atau novel yang berkisah tentang sebuah dunia misterius yang "hilang" dari peradaban modern dan ditulis oleh H. Rider Haggard yang dirilis pertama kali pada tahuin 1887. 

      10.  The Da Vinci Code
Dan brown menulis tentang teori konspirasi yang sangat kental dalam novel ini. Setelah ceritanya diangkat ke layar lebar, novelnya semakin laris sehingga mencatatkan penjualan sebanyak 80 juta kopi.

Novel bestseller bisa diartikan sebagai novel yang laku dijual. Sebutan bestseller untuk tiap penerbit akan berbeda – beda. Bagi sebuah penerbit kecil, angka penjualan 1.000 buku sudah merupakan bestseller, bagi penerbit yang lebih besar mungkin 10.000 buku. IKAPI konon menyebit angka lebih dari 5.000 buku terjual akan masuk kategori bestseller. Ada pula penerbit yang mematok dari jumlah cetak ulang. Setelah sekian kali cetak ulang, maka akan dianggap bestseller.

 Setiap penulis boleh berharap karyanya akan jadi sebuah mahakarya, masuk daftar bestseller, kalau perlu bestseller dunia, diterbitkan ke berbagai bahasa, bahkan untuk penulis pemula sekalipun. Lalu bagaimana kita bisa menjadi salah satu dari deretan penulis bestseller tersebut?

Tentunya ada sejumlah langkah dan proses yang harus kita lakukan dan lewati. Dalam artikel selanjutnya, kita akan mengulik pelajaran – pelajaran dari beberapa novel bestseller dunia.Tetap nantikan artikel-artikel terbaru dari Smart Writer ya :)

Risa Mutia

No comments:

Post a Comment