8 August 2016

TIPS MEMBANGUN UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK YANG KUAT DALAM NOVEL

TIPS MEMBANGUN UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK DALAM NOVEL
Sebelumnya kita telah berbincang tentang Ciri dan Jenis Novel. Kali ini kita lanjutkan lagi dengan unsur-unsur pembangun novel. Novel adalah sebuah karya sastra berbentuk prosa dengan unsur - unsur pembangun (Intrinsik dan Ekstrinsik) yang merupakan pembentuk totalitas dalam pembuatan sebuah novel. Unsur - unsur pembentuk novel terbagi atas :

      1.      Unsur intrinsik, meliputi ; tema, amanat, tokoh, alur / plot, latar, sudut pandang dan gaya bahasa

      2.      Unsur ekstrinsik, meliputi ; unsur - unsur di luar novel namun mempengaruhi novel itu sendiri seperti biografi / sejarah hidup dan kondisi psikologis pengarang, nilai sosial masyarakat, nilai budaya, nilai estetika hingga nilai / kondisi ekonomi dan politik suatu bangsa yang menjadi latar belakang penulisan sebuah novel.

Kedua unsur ini bekerjasama dan saling mendukung dalam membangun novel dan menjadi pembeda / diferensiasi dari seorang penulis. Dengan kata lain menjadi ciri khas yang melekat dan sulit diduplikasi karena originalitasnya yang spesifik.

Nah, bagaimana membangun unsur intrinsik dan ekstrinsik yang kuat dalam sebuah novel agar menghasilkan sinergi indah dan berhasil diterima banyak pembaca serta menyampaikan pesan penulis yang termaktub dalam rangkaian kalimat-kalimat dalam novelnya ?

Berikut tips-tipsnya :
      1.      Unsur intrinsik
a.       Tema, adalah topik utama/konsep dasar dalam sebuah cerita. Dengan kata lain merupakan dasar pembangun sebuah novel.
Tema tergambar pada seluruh isi cerita. Buatlah tema yang jelas, kuat, spesifik dan mengusung nilai moral yang nantinya akan terhubung dengan amanat novel. Tema novel misalnya tema cinta sejati yang tak lekang oleh waktu, persahabatan yang bisa rusak karena pengkhianatan, rusaknya hubungan persaudaraan karena perebutan warisan dsb.

b.  Amanat, merupakan pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca.
Amanat seringkali kita ketahui setelah membaca seluruh isi novel, semacam kesimpulan atas benang merah yang dibangun penulis. Buatlah sebuah nilai moral yang sederhana namun mengena dan bisa dijadikan pelajaran bagi hidup banyak orang, misalnya akibat terlalu mengejar karir dan menelantarkan keluarga sehingga kesepian dan ditinggalkan oleh orang-orang tercinta.

c.  Tokoh, adalah para pemeran dalam cerita sedangkan penokohan adalah penggambaran tokoh itu sendiri
Buatlah tokoh-tokoh dengan latar beakang yang spesifik mengandung daftar sifat, ciri-ciri fisik dan latar belakang, perannya dalam novel dan hubungannya antar tokoh yang bisa juga digambarkan dengan semacam pohon keluarga. Penokohan ini bahkan  bisa diperinci hingga ke tanggal lahir dan pekerjaan tokoh tersebut.

d.   Alur/plot, merupakan pola pengembangan cerita yang terbentuk akibat hubungan sebab-akibat.
Alur bisa berbentuk alur maju, alur mundur atau campuran. Alur juga semacam urutan penceritaan dalam novel. Sebuah novel seringkali menggunakan alur campuran. Buatlah alur yang logis dan perhatikan unsur waktu yang merupakan unsur utama dalam sebuah alur.

e.       Sudut pandang, merupakan posisi pengarang dalam sebuah novel.
Pengarang bisa menjadi pelaku utama (sudut pandang orang pertama), sudut pandang orang ketiga dimana pelaku menggunakan kata ganti orang ketiga misalnya dia, si…. (nama orang), mereka dsb. Pengarang juga bisa menjadi sudut pandang yang berperan serba tahu dan berada di luar cerita, dimana pengarang bercerita tentang tokoh-tokoh dalam novelnya tanpa terlibat di dalamnya namun mengetahui seluruh jalan cerita.
Apapun sudut pandang yang kita pilih, tetap patuhi kerangka novel yang telah kita buat dan tetap konsisten terhadap pemilihan sudut pandang ini sehingga tidak membingungkan pembaca

f.       Gaya bahasa, tercermin dalam dialog – dialog antar tokoh, monolog, prolog yang menggambarkan hubungan antar tokoh dan jalan cerita secara keseluruhan
Bangunlah sebuah percakapan dengan gaya bahasa yang cerdas, hubungkan dengan penokohan tokoh misalnya tokoh A yang memiliki sifat dingin tentunya ketika berdialog akan cenderung singkat, tidak bertele-tele dan lugas sedangkan tokoh B yang manja akan cenderung banyak berceloteh dengan gaya bahasa yang menggambarkan sifatnya.
Selipkan juga dialog yang berhubungan dengan amanat cerita semacam tagline dalam sebuah iklan yang mudah diingat karena kekuataan bahasanya.

2.   Unsur ekstrinsik, merupakan nilai-nilai yang ada di masyarakat dimana novel tersebut dibuat dan latar belakang penulis itu sendiri.
Unsur ekstrinsik tiap penulis akan melahirkan perbedaan mendasar dalam sebuah novel.  Unsur ekstrinsik ini tergambar dari bagaimana penulis melahirkan karyanya. Contohnya novel A Thousand Splendid Suns karya seorang novelis berkebangsaan Afghanistan-Amerika Serikat, Khaled Hosseini pada tahun 2007. Latar belakang novel ini adalah kisah dua orang perempuan Afghanistan yang hidup di tengah hiruk pikuk pemerintahan  Afghanistan di tahun 1960 sampai 2003. Khaled Hosseini adalah seorang dokter berdarah Afghanistan berkebangsaan Amerika yang pernah tinggal di Afghanistan karena mengikuti pekerjaan ayahnya di kedutaan Afghansistan untuk Tehran, Iran. Karena pernah tinggal dan juga berdarah Afghanistan ditambah kecerdasan naratif yang dimilikinya, novel ini bersama novelnya yang lain, The Kite Runner menjadi novel bestseller dunia yang diterjemahkan ke berbagai bahasa dan telah terjual lebih dari 38 juta kopi di seluruh dunia.
 
Novel tersebut akan berbeda jika ditulis oleh orang yang berbeda dengan latar belakang berbeda pula. Demikianlah bagaimana unsur ekstrinsik mempengaruhi pembentukan sebuah  novel. 

Perpaduan apik dari kedua unsur ini akan melahirkan novel yang apik pula. Ingin tahu bagaimana cara memadukan kedua unsur tersebut untuk melahirkan novel yang apik? Yuk ikuti step by step penulisan novel mulai dari membangun pondasi novel hingga menulisnya sampai selesai di Kursus Menulis Online Smart Writer Gelombang Kelima. Di sini, kamu akan dibimbing menulis novel secara privat oleh dua mentor, dan masih ada bonus tambahan, khusus untuk peserta gelombang ini. Penasaran? Klik aja link di atas ya :)
 
 *******

Risa Mutia
 
Sumber :
m.merdeka.com
id.m.wikipedia.org
walpaperhd99.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment