28 March 2016

MENCIPTA PANCING BERNAMA SINOPSIS



MENCIPTA PANCING BERNAMA SINOPSIS

Pada artikel yang lalu kita sudah membahas tentang premis. Pada artikel kali ini kita akan lanjutkan perbincangan dengan Mencipta Pancing Bernama Sinopsis.


Kamus Besar Bahasa Indonesia (1988) mendefinisikan sinopsis sebagai ikhtisar atau ringkasan karangan ilmiah atau novel yang diterbitkan bersama dengan karangan ilmiah atau novel tersebut. Sebuah sinopsis yang baik mengandung hal-hal penting yang mewakili sebuah karangan atau novel meliputi unsur - unsur intrinsik novel berupa tema, penokohan, konflik, alur, sudut pandang, latar, gaya bahasa dan amanat. Kesemuanya dirangkum secara cerdas dan menarik dalam sebuah sinopsis yang biasanya dibuat dalam satu hingga tiga halaman namun umumnya cukup satu halaman saja. Membuat sebuah sinopsis yang menarik dan memancing rasa keingintahuan orang yang membacanya (dalam hal ini adalah pihak penerbit) mutlak diperlukan.

Berikut tips-tips membuat sinopsis dari novel yang telah kita tulis :
1.      Membuat awalan yang menarik dan cerdas
Buatlah satu sampai tiga kalimat di awal sinopsis dengan kata-kata yang membangkitkan minat baca penerbit. Banyak-banyaklah membaca sinopsis dari novel yang telah diterbitkan (terutama novel – novel bestseller) untuk membangun sense pemilihan kata yang disukai oleh penerbit.
Bagian pertama ini biasanya berupa latar belakang cerita dan ide yang jelas tentang kondisi yang bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter tokoh dalam novel kita.

2.  Perkenalkan tokoh-tokoh utama dalam novel tersebut berserta hubungan antar tokoh-tokoh penting tersebut juga peran yang mereka mainkan. Aturan umum yang berlaku, sinopsis biasanya hanya menyebutkan tiga tokoh saja, protagonis, tokoh yang dicintainya dan antagonis.  

3.      Rangkum seluruh bagian naratif hingga akhir novel
Agar penerbit mengetahui bahwa kita bisa menjaga jalan cerita yang kuat, perlu penggambaran cerita dari awal hingga akhir dengan kalimat-kalimat efektif termasuk kejadian yang menyebabkan perjalanan tokoh utama dalam memulai cerita, konflik yang terjadi hingga resolusi dari konflik tersebut dan tulislah minimal satu paragraf khusus untuk klimaks cerita.
 
4.      Gunakan sudut pandang orang ketiga
Walaupun novel yang kita buat menggunakan sudut pandang orang pertama, namun pembuatan sinopsisnya seyogyanya menggunakan sudut pandang orang ketiga untuk membedakan bahwa si pembuat sinopsis bukanlah tokoh utama yang ada di dalam novel.

Tips penting lainnya untuk menyusun sinopsis dapat kalian lihat di sini.

“Pembunuhan berantai yang misterius. Dua puluh lima gadis perawan tewas menggenaskan. Pakaian beserta rambut dan kulit mereka hilang. Tubuh mereka benar-benar layu, seolah tak pernah hidup sebelumnya. Seakan seluruh daya hidup yang pernah ada telah terisap tak bersisa. Semua pembunuhan identik, dilakukan dengan amat rapi dan terencana. Masterpiece seorang seniman jenius.
Jean-Baptiste Grenouille lahir tanpa bau tubuh namun memiliki indra penciuman yang luar biasa. Ia mampu memilah-milah seluruh bau yang ada. Dari seorang ahli parfum ternama, ia mewarisi seni meramu berbagai minyak dan tumbuhan. Namun kejeniusan Grenouille melampaui itu semua. Setelah “menangkap” aroma seorang perawan cantik, ia terobsesi unrtuk menciptakan parfum terbaik beraroma perawan!”

Dua paragraf di atas adalah sinopsis singkat dari sebuah novel internasional bestseller fenomenal yang terjual lebih dari 15 juta kopi berjudul Perfume yang ditulis oleh Patrick Suskind. Novel ini juga telah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama.

Ingin tahu bagaimana tips membuat sinopsis yang baik untuk penerbit dan pembaca? Kalian bisa mengikuti bimbingan melalui paket standar kursus menulis novel online Smart Writer. Klik aja info lengkapnya di sini ya.

Bagian penting dalam membuat sebuah sinopsis yang menarik adalah penggunaan bahasa persuasif (mempengaruhi) yang bisa kita ibaratkan bagai kail pancing yang akan menarik ikan berupa rasa ingin tahu dari penerbit agar mau membaca novel kita secara keseluruhan sehingga nantinya akan terciptalah kontrak penerbitan yang kita harapkan.
Jadi, yuk mencipta pancing bernama sinopsis yang menarik!

*******

Sebagian sumber tulisan dari :
Novel Perfume

Riawani Elyta
Risa Mutia

1 comment:

  1. Asiik... Stalking di blog ini ah. Banyak ilmuanya. Thanka ya, Mak

    ReplyDelete