9 March 2016

CARA EFEKTIF TEMUKAN IDE NOVEL DIMANA SAJA, KAPAN SAJA


CARA EFEKTIF TEMUKAN IDE NOVEL DIMANA SAJA, KAPAN SAJA

Bagaimana cara efektif temukan ide novel dimana saja dan kapan saja?
Menghasilkan sebuah karya tulis apalagi novel bagi sebagian orang bisa menjadi hal yang amat sulit. Namun bagi sebagian yang lain, hal tersebut bisa menjadi tantangan, pekerjaan, hobi bahkan sarana untuk berbagi dan mencurahkan unek – unek lewat tulisan. Menjadi penulis novel best seller merupakan impian banyak penulis, bahkan penulis pemula sekalipun. Kepuasan dan kebahagiaan dari banyaknya penikmat tulisan yang kita hasilkan bisa menjadi hadiah yang jauh lebih bernilai daripada pundi – pundi uang yang tercipta dari terjualnya ratusan, ribuan hingga jutaan eksemplar hasil karya kita. 

Lalu bagaimana menciptakan novel indah, menarik, bahasanya asyik, mengalir hingga pesan dari kita sebagai penulis bisa sampai tepat di hati pembaca. Tentunya hal ini berangkat dari menemukan ide. Dan bagaimana ide itu bisa lahir sehingga bisa bisa diolah menjadi karya tulis yang memukau. Berikut tips-tips menemukan ide novel dimana saja, kapan saja :

1.      Daur ulang ide yang sudah ada
Seperti ide dalam banyak lagu, tren dalam dunia fashion, dunia kuliner dan berbagai bidang lain dalam kehidupan, ide – ide dalam novel pun akan memiliki perputaran tren. Tren cinta, balas dendam, fiksi tentang vampire, manusia serigala, dunia bawah tanah, Cinderella hingga pahlawan dalam berbagai bentuk tetap akan hadir, namun tentunya dengan kemasan yang berbeda. Jika kita memiliki ide berbeda namun menghadirkan tema yang setipe, jangan ragu untuk mengolahnya. Namun tetap gunakan bahasa dan gaya bercerita yang unik dan khas yang akan mencerminkan siapa penulisnya.Ingatlah penyanyi dikenali dari suaranya, penulis dari tulisannya.

2.      Membaca novel bestseller
Sebelum mulai menulis, rajin – rajinlah membaca novel – novel best seller terutama yang sedang tren. Akan lebih baik lagi yang berasal dari berbagai negara sehingga memperluas khasanah ide kita. Membaca novel – novel best seller tidak hanya bisa menerbitkan ide kita, namun juga memberi pelajaran tentang bagaimana novel yang disukai pembaca sehingga bukan tidak mungkin kelak novel kita termasuk dalam jajaran novel best seller sepanjang masa.

3.      Menggali cerita dari pengalaman pribadi atau orang lain
Andrea Hirata, salah satu penulis novel – novel best seller dan telah diterbitkan dalam berbagai bahasa, mengangkat cerita dari pengalaman pribadinya dan kisah – kisah orang di sekitarnya. Tidak ada salahnya jika kita atau teman kita atau keluarga kita memiliki kisah yang unik, maka kita kemas dalam bahasa sastra yang indah. Perlu dicatat, ide dasarnya boleh menggunakan kisah nyata tersebut, namun penambahan bumbu dengan komposisi yang tepat harus ditambahkan untuk menjadikan cerita tersebut menarik.

4.      Menonton film atau serial bermutu
Memiliki impian agar novelmu tidak hanya menjadi bestseller bahkan sampai difilmkan, maka rajin – rajinlah menyimak film dan serial bermutu. Dari situ ide bisa muncul karena ketika menonton, kita akan melibatkan banyak panca indera sehingga bisa mengasah intuisi untuk menemukan ide novel yang hebat.

5.      Jalan – jalan yang bukan sekedar pelesiran
Berjalan – jalan ke banyak tempat dan melihat banyak hal bisa membangkitkan ide kreatif yang bisa dituangkan menjadi hasil karya yang menarik. Kehidupan para buruh angkut di pasar dan pelabuhan, perjuangan para ibu yang berjualan di pasar sambil membawa serta anaknya yang masih kecil, para tukang bangunan yang tetap bekerja dalam teriknya matahari hingga hiruk – pikuk suasana pagi dengan orang – orang yang tergesa – gesa menuju tempat kerjanya, sekolah dan aktifitas lainnya bisa melahirkan banyak sekali ide – ide dalam penulisan.


Ingatlah, ide dasar mutlak diperlukan sebagai benang merah dalam karya yang kita buat, namun ide – ide pendukung yang didapat dari berbagai sumber adalah sebuah nilai yang akan membuat karya kita tidak hanya indah namun juga kaya dan sarat makna.




Ide dan tema dalam sebuah novel bukanlah sebuah keoriginalitasan yang mutlak, namun menghasilkan sebuah karya sastra dengan bahasa yang indah, dibuat dengan cinta, memiliki kesan mendalam bagi pembaca hingga ketika membaca prolognya saja membuat kita tak sabar untuk segera membaca halaman selanjutnya, masuk dan lebur di dalam karya sastra tersebut hingga seakan dunia kita tenggelam dalam dunia kata-kata sang penulis. Melahirkan nilai rasa penuh warna dan menjadi perbincangan banyak orang tentang kekhasan yang dimiliki sang penulis. 

Kamu punya ide cerita yang menarik? Jangan tunggu lama-lama, ayo tuangkan menjadi novel sebelum ide serupa keduluan dieksekusi sama yang lain :D Masih ragu untuk mulai menulis novel? Kalian bisa mengikuti kursus online menulis novel Smart Writer. Silakan mampir  di sini untuk info lengkapnya ya.


Mari temukan ide novel dimana saja dan kapan saja, dan lahirkan novel spektakulermu yang akan menjadi tinta indah dalam peradaban umat manusia!



*******

Riawani Elyta
Risa Mutia






3 comments:

  1. Biasanya Jalan" bisa menemukan inspirasi ide ya Mbak ^^

    ReplyDelete
  2. Iya mbak, isnpirasi emang bisa datang darimana aja. Cuman kadang nulisnya ini, maju mundur. Ah, butuh motivasi lebih :D

    TFS :)

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete
  3. Kalau dari pengalaman pribadi lebih gampang dituangkan dalam tulisan mbak :)

    ReplyDelete